Ketika Chairul Tanjung dan Tri Rismaharini Menjadi Moderator dalam InnoCreativation

0
19
Talkshow yang dipimpin oleh Pak Chairul Tanjung

Rabu (14/11) sejak pukul 08.00 WIB Exhibition Hall di Grand City Mall & Convex sudah mulai dipenuhi ratusan warga Surabaya yang mayoritas adalah para pemuda. Bukan tanpa alsan, kehadiran mereka adalah untuk menghadiri acara InnoCreativation. Dilansir dari Detikcom, InnoCreativation adalah sebuah acara dimana para innovator dan orang-orang kreatif berkumpul bersama dan berbicara untuk menyebarluaskan pengetahuan dan pengalaman mereka di bidang inovasi, kreativitas, dan enterpreneurship kepada generasi muda.

Tidak tanggung-tanggung, begitu banyak nama-nama besar yang turut mengisi InnoCreativation. Acara yang terbagi menjadi dua hari ini, di hari pertama saja sudah berhasil membahagiakan hati para peserta dengan mengahadirkan Dian Sastrowardoyo, Dennis Adishwara, Achmad Zaky (CEO Bukalapak), Kevin Aluwi (Chief Information Officer Go-Jek), Benny Ho (Senior Director of Business Development Tencent), Giring Ganesha (President of Indonesia E-Sport Premiere League), Anish Malhotra (South East Asia Head of Costumer Engineering Google), Randy Yusuf (CEO Google Indonesia), Timmy Alfatih (CEO Kitabisa.com), hingga stand up comedy ternama Indonesia Ernest Prakarsa dan Panji Pragiwaksono.

Satu hal lain yang menarik dan menggelitik dari acara InnoCreativation ini adalah ketika Founder and Chairman CT Corp, Chairul Tanjung dan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini yang biasanya hadir menjadi seorang keynote speaker, maka kini keduanya ditunjuk sebagai mo-derator. Pada sesi awal, Chairul Tanjung memimpin talkshow antara Dian Sastro, Achmad Zaky, Kevin Aluwi, dan Randy Yusuf. Pada sesi talkshow ini dapat diketahui bahwa setiap orang akan memiliki alasan masing-masing dalam mengawali langkah mereka –dalam hal ini untuk memulai start up. Beberapa contoh alasan tersebut adalah seperti keinginan untuk mewujudkan idealism, memanfaatkan peluang yang ada, maupun bentuk dari pragmatisme.

Zaky menyebutkan bahwa dengan kemauan, tekat, kreativitas, dan kerja keras maka semua orang akan mampu menjadi sukses di bidang masing-masing. Satu kunci lain yang ditekankan oleh setiap pembicara adalah jangan pernah takut dan lelah atas kegagalan. Kegagalan hanya merupakan bagian dari proses sebelum kita berada pada titik kesuksesan, karena untuk menuju kesuksesan dibutuhkan perjuangan dan pengorbanan.”Kegagalan adalah hal yang biasa, jangan jadi generasi yang galau. Gagal, bangkit, gagal, bangkit, gagal, bangkit, begitu seterusnya,” ungkap Chairul Tanjung dalam menutup sesi talkshow tersebut.

Tidak cukup sampai di sana, pada akhir sesi, Tri Rismaharini juga memoderatori talkshow bersama Ernest Prakarsa dan Panji Pragiwaksono. Dengan basis kedua pembicara yang merupakan komedian, peserta InnoCreativation bahkan Risma sendiri berhasil dibuat terpingkal-pingkal. Namun, di samping kelucuan keduanya, Ernest dan Panji tetap mampu menginspirasi sekaligus memotivasi para peserta. Sama halnya dengan pekerjaan di bidang lain, tidak mudah menjadi komedian ternama. Dengan banyak mata yang tertuju pada mereka, serta terkadang standarisasi lucu atau tidaknya suatu materi komedi setiap orang pasti berbeda, maka munculnya “hater” tidak dapat dihindari. Meski keduanya masih mempertanyakan istilah “hater” itu sendiri, kedua sepakat jika sebenarnya banyak hal positif yang bisa didapat dari “hater” tersebut. “Jangan dihindari, anggap saja seperti jamu. Manfaatkan saja, maka khasiatnya bakal cepat kita nikmati,” ungkap Ernest.

Bekerja di dunia entertainment bukan merupakan satu hak yang dapat diprediksi secara pasti. Maka untuk menjaga agar karir tersebut dapat berjalan dengan panjang, maka dibutuhkan dan kesediaan untuk berkerja keras serta terus belajar. Panji mengungkapkan bahwa ketika kita sudah merasa jago dan tidak perlu belajar merupakan awal kehancuran. Selain itu, Risaharini menyebutkan bahwa dengan perkembangan teknologi dan informasi saat ini merupakan tools yang dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para pemuda. “Jangan pernah ragu untuk memulai, lakukan yang terbaik untuk setiap talenta yang kita miliki, maka kita akan bisa menjadi seorang professional dalam bidang tersebut,” papar Rismaharini.

InnoCreativation berjalan dengan sangat lancar dan memuaskan para peserta yang hadir, terlebih dengan pembicara ternama dan bintang tamu keren. “Acara ini keren banget. Pembicaranya semua juga keren dan menginspirasi anak muda. Gak nyesel sudah datang ke InnoCreativation,” ujar Kevina Endah, salah satu peserta InnoCreativation, mengenai keseluruhan acara.